Minggu, 25 Januari 2015

Tips Menjaga Vokal Kita Agar Tetap Bagus

Tips Menjaga Vokal Kita Agar Tetap Bagus
Tips Menjaga Vokal Kita Agar Tetap Bagus


Pada umumnya banyak pemula yang mencoba berkarya di dalam dunia tarik suara dengan “mengorbankan” pita suara mereka dengan membuktikan potensi yang ada pada dirinya dengan menirukan penyanyi profesional yang mereka kagumi atau mereka suka.
Hal ini sering terjadi di acara-acara pencari bakat menyanyi di Tanah Air.
Tidak sedikit amatir tidak menjaga peforma pita suara mereka atau mengenali “warna” suara mereka ketika bernyanyi.
Karenanya mereka sering kehilangan ciri khas mereka dan malah meniru suara penyanyi yang sudah tenar.
Tidak mau menyia-nyiakan talenta menyanyi kamu?
Berikut ada beberapa tips ampuh dalam menjaga performa vokal kita dalam keadaan yang bagus:

1. Kesehatan dan pola makan
Semua penyanyi amatir atau professional sekali pun harus bisa menjaga kesehatan mereka dengan tidur yang cukup (7-8 jam/ hari), hindari tidur larut, jahui makan-makanan yang berminyak seperti gorengan, rendang, dll.
Tetapi alangkah baiknnya jika memakan makanan seperti sayur-sayuran, daging yang dikukus tidak menggunakan minyak dan banyak minum air putih, atau air putih hangat (8-9 gelas/hari).

2. Pemanasan
Biasakan pemanasan vokal sebelum bernyanyi seperti humming, lip thrills, dan tongue thrills. Lakukan minimal 10-15 menit, sebelum manggung atau menyanyi.

3. Jangan teriak/paksa pita suara
Jangan pernah berteriak atau memaksakan pita suara jika vokal range kalian tidak sampai ke tahap itu, karena bisa menyebabkan luka pada pita suara kalian yang akan menyebabkan pita suara bisa putus atau luka.
Lebih baik bermain di nada yang memang sudah dikuasai. Jika ingin naik ke nada yang tinggi, ada baiknya latihan dulu.

4. Rileks dalam bernyanyi
Ketika kita bernyanyi juga harus harus dalam keadaan rileks, jangan tegang atau gugup, karena selain mempengaruhi percaya diri, juga membuat pita suara rentan “goyang” yang mengakibatkan nada yang kita nyanyikan suka false atau melenceng. Jadi, latih mental sebelum pentas itu perlu.

5. Hindari asap
Asap juga harus penyanyi hindari karena dapat mengganggu rongga hidung yang dimana hidung adalah resonansi/ruang untuk menyalurkan udara sehingga nada yang kita ambil dapat berjalan dengan bagus sesuai dengan penepatan resonansi yang kita mampu.

6. Hindari rokok
Merokok sangat berbahaya buat pita suara bagi penyanyi karena selain bisa merusak pita suara, rokok juga bisa membuat pita suara kita lemah dalam menggetarkan suara sehingga suara yang keluar tidak maksimal.

7. Hindari menyanyikan lagu yang range tinggi
Penyanyi harus mengetahui warna dan tipikal vokal masing-masing, dan mereka harus mengenali vokal range mereka setinggi atau serendah apa. Gunannya memberikan efek nyaman di dengar audience kita ketika mengambil nada tinggi atau rendah.

sumber : Cream pemutih wajah
Video You tube preview :Cream pemutih wajah rochelle
Fanspage facebook : produk cream pemutih wajah dr rochelle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar